Satuan Polisi Pamong Praja

Cibinong, 14/12/2016

Pagi ini hari selasa (14/12) seluruh anggota dan pegawai Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor melaksanakan / mengikuti Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di Aula Kantor Satpol PP Kabupaten Bogor. Satpol PP Kabupaten Bogor dalam hal ini Seksi Kapasitas Pol PP pada Bidang Kapasitas mengundang penceramah KH. Ali Gozali dengan judul ceramah “Ahklaq Mulia”.

Maksud melaksanakan maulid Nabi Muhammad SAW untuk meningkatkan iman dan taqwa seluruh anggota dan pegawai Satpol PP dalam melaksanakan tugas-tugas baik di dalam kantor maupun diluar kantor secara berahklaq mulia. Menurut KH. Ali Gozali dalam ceramahnya,” Sebagai agama sempurna yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, tentunya Islam tidak melewatkan pembahasan akhlak dalam ajarannya. Begitu banyak dalil dalam al-Qur'ân maupun Sunnah yang memerintahkan kita untuk berakhlak mulia. Di antaranya: Firman Allâh Azza wa Jalla tatkala memuji Nabi-Nya Shallallahu ‘alaihi wa sallam: 

Sesungguhnya engkau (wahai Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur [al-Qalam/ : 4]

Juga sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

Pergaulilah manusia dengan akhlak mulia [HR. at-Tirmidzi no. 1987 dari Abu Dzar, dan beliau menilai hadits ini hasan shahih]

 APA ITU AKHLAK MULIA?

Banyak definisi yang disampaikan Ulama. Definisi yang cukup mewakili adalah:

Akhlak mulia adalah berbuat baik kepada orang lain, menghindari sesuatu yang menyakitinya dan menahan diri ketika disakiti.

Dari definisi di atas kita bisa membagi akhlak mulia menjadi tiga macam:

   1. Melakukan kebaikan kepada orang lain. Contohnya: berkata jujur, membantu orang lain, bermuka manis dan lain sebagainya.

   2. Menghindari sesuatu yang menyakiti orang lain. Contohnya: tidak mencela, tidak berkhianat, tidak berdusta dan yang semisal.

   3. Menahan diri tatkala disakiti. Contohnya: tidak membalas keburukan dengan keburukan     

       serupa.

Jadi, dengan mempraktekkan akhlak mulia sebagai sarana untuk mendakwahi umat manusia kepada kebenaran".

 

 

 



2017 © Satuan Polisi Pamong Praja